Pemdes Teluk RHU Mengadakan BIMTEK Pelatihan  Penyusunan Dokumen RPJMDES dan Pelaporan

Pemdes Teluk RHU Mengadakan BIMTEK Pelatihan  Penyusunan Dokumen RPJMDES dan Pelaporan
kegiatan bimtek pelatihan penyusunan dokumen Rpjmdes

BENGKALIS - Sesuai kebijakan pemerintah tentang Pembangunan Desa seperti kebijakan kebutuhan pangan,perencanaan penurunan Stunting tingkat Desa,Penghapusan kemiskinan ekstrem,Bantuan Sosial BLT - DD dan Kebijakan lainnya . Makan perlu di lakukan penyesuaian atau kegiatan ulang terhadap Dokumen Perencanaan Desa khusun nya,Dokumen RPJMDES sebagai Dasar dalam keterangan RKPDES dan APDES tahun 2023 dan selanjutnya. 

Bimtek ini mengikutsertakan Kepala Desa, Ketua BPD, Ketua LPM, Perangkat Desa yaitu Bendahara, Kasi Kesejahteraan, Kaur Perencanaan, serta pendamping desa. Kegiatan ini diharapkan akan membantu dalam peningkatan kapasitas dan kemampuan desa dengan menyusun RPJM Desa  sehingga produk yang dihasilkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. 

Bimtek dalam rangka penyusunan RPJM Desa tahun ini yang di Hadiri Kepala Desa Teluk Rhu Bapak Mansur, Ketua BPD Bapak M.Syawuden,dan di isi oleh  narasumber Bapak Hafzan ST Koordinasi TAPM Kab Bengkalis. 

Dalam bincang bincang nya Kepala Desa Teluk Rhu bersama pihak media,mengatakan
Perlu mengadakan pelatihan pelatihan setiap tahunnya karna setiap tahun anggaran masing masing  baik Dana Desa , BERMASA atau dari Provinsi Juknis nya berbeda dan berubah sehingga dengan pelatihan tersebut dapat di mengerti secara detail oleh Pemerintah Desa dan Staf Pemerintahan. 

Dalam materi nya Bapak Hafzan mengatakan dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa penyusunan RPJM Desa harus melibatkan semua unsur masyarakat yang ada di Desa, dengan harapan produk yang dihasilkan akan menyerap semua aspirasi semua unsur masyarakat.Pada sekarang ini pembangunan dimulai dari Desa, sedangkan RPJM Desa sendiri merupakan induk dari program kerja 6 tahun Kepala Desa terpilih. Beliau juga memberikan semangat dan motivasi untuk belajar dari Desa daerah lain yang sudah maju dan mandiri. Selain itu dalam materinya beliau mengingatkan pemerintah desa dalam penyusunan rencana pembangunan setiap  tahunnya untuk menselaraskan dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Bengkalis yaitu lebih memprioritaskan untuk kegiatan pemberdayaan dan membantu dalam pengembangan pembangunan fisik. 

Adapun Tanggapan ketua BPD dalam Pelatihan ini menurut pandangan kami dari BPD memang perlu kita adakan agar pemerintahan Desa tidak binggung didalam menyesuaikan laporan dan Administrasi khususnya,banyak ilmu yg bisa kita pelajari tentunya menyangkut tentang perencanaan Desa yang lebih baik agar masyarakat makmur dan sejahtera materinya menyampaikan dalam menyusun RPJMDesa harus menyesuaikan dengan visi misi Kepala Desa. Selain itu juga harus memperhatikan arah kebijakan pembangunan pemerintah Kabupaten Bengkalis, sehingga tidak terjadi kebijakan saling tumpang tindih yang menghambat proses pembangunan daerah.  

Acara yang di selenggarakan di Gedung Serbaguna Teluk Rhu ini sangat mendapat Apresiasi dari seluruh jajaran pemerintah desa,karena itu di ulang kembali oleh Kepala Desa Bapak Mansur mengatakan pelatihan peningkatan SDM lembaga pemerintahan desa juga penting dilakukan karena sangat berdampak bagi kinerja pemerintahan desa dalam penyusunan RPJM Desa. 

"Hasil pelatihan dan bimbingan teknis yang dilakukan sangat terasa manfaatnya bagi lembaga pemerintahan desa dalam dalam persiapan penyusunan RPJM Desa. Pemahaman dan pengetahuan kami semakin luas sehingga akan mempermudah kami dalam menyusun RPJM desa serta peningkatan waawasan bagi perangkat desa," ujarnya, 

Beliau  menjelaskan, peningkatan SDM melalui bimbingan teknis ini merupakan kebutuhan pemerintahan desa seiring perubahan paradigma penyelenggaraan di pemerintahan desa, disamping itu beragamnya latar belakang pendidikan diperlukan usaha untuk terus mempelajari nya. 
"Sehingga memang perlu adanya pelatihan atau pun bimtek ini, dan diharapkan keberlanjutannya kepada semua perangkat sesuai tugas dan tanggungjawab pemerintah desa yang terus meningkat,"tutup nya. 
 

#Bengkalis

Index

Berita Lainnya

Index